Ayo Hijaukan Kota Bogor dengan Hidroponik

topbogor.com, Bogor – Pelatihan Hidroponik bagi Pemula secara gratis bersama Komunitas Hidroponik Bogor Raya / Kohibora dan Perwakilan Anggota Kelompok Wanita Tani / KWT Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor.

Di buka Oleh Kepala Dinas Pertanian Bpk.Irwan Iryanto didampingi Kepala Bidang Penyuluhan Bpk. Dian Herdiawan dan PPL WKPP Bogor Barat.

Kegiatan yang di pandu oleh Ibu Hany Nabila selaku Ketua Komunitas Hidroponik Bogor raya. dimulai di Aula Kelinci Distani Kota Bogor pada Hari Rabu tanggal 6 Februari 2019 yang dilaksanakan secara pararel setiap hari Rabu / 2 minggu bergilir untuk 5 Kecamatan lainnya pada Gelombang 1 dan akan dilanjutkan Gelombang2 selanjutnya sesuai dengan kebutuhan dan minat dari Kelompok Tani @ 30 orang / gelombang sesuai Kegiatan Tugas Jabatan khususnya : Menyelenggarakan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Petugas Fungsional ASN, Swadaya dan Swasta.

Hidroponik Mantap :
– Budidaya Pertanian Tanpa Tanah dan Pemanfaatan Air secara terkontrol mendukung Mitigasi dan Adaptasi Perubahan Iklim.

Hidroponik Keren :
– Budidaya Pertanian dengan Pemanfaatan BaBe (Barang Bekas) seperti Paralon bekas dan kemasan Aqua Plastik pengganti netpot serta BaBe lainnya untuk Berhidroponik sederhana mendukung 3 R dengan PANDAI 4 AEBCD serta mengoptimalkan Sumberdaya Alam yang ada sesuai kearifan lokal dengan memanfaatkan Bambu pengganti Paralon sehingga Ramah Lingkungan.

Menurut Teh N’chie selaku Koordinator Lapangan dalam kegiatan kali ini, Pelatihan seperti ini sangat bermanfaat, Kelompok wanita tani mengenal teknik menanam yang berbeda dari biasanya. Menjadikan kelompok tani semakin cerdas & berwawasan luas. Tidak kalah penting, pelatihan ini mendukung ketahanan pangan keluarga selaras juga dengan Visi misi Kohibora dan Distani Kota Bogor untik Menghijaukan Kota Bogor sesuai tema yang di Usung Kohibora Pada hari jadi nya yang ke satu Bulan Desember 2018 lalu.

Teh N’Chie / Red

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish