Buruh sekabupaten Bogor merayakan hari buruh Internasional dengan Istighatsah di GOR Pakansari.

BOGOR — Kurang lebih 4 ribu pekerja atau buruh sekabupaten Bogor berkumpul di GOR Pakansari Cibinong, Bogor, Selasa (1/5/2018) dalam rangka menghadiri Istighatsah yang diselenggarakan  untuk merayakan Hari Buruh Internasional 2018. Sumarno selaku ketua panitya penyelenggara  menuturkan, bahwa kegiatan tersebut dihadiri dari 21 perwakilan serikat pekerja di wilayah Kabupaten Bogor. “Total ada 4.000 buruh kita kumpulkan dari 21 DPC di Kabupaten Bogor,” ujar Sumarno.

Kegiatan Istighosah ini adalah merupakan bentuk refleksi sekaligus panjatkan doa untuk kesejahteraan buruh.

Menurut Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar Andy M Dicki Kegiatan istighatsah ini dipilih untuk diselenggarakan dikarenakan mengingat bahwa beberapa minggu kedepan akan tiba bulan suci ramadhan, dan pada saat yang berdekatan semalam umat muslim melaksanakan sholat nifsu saban untuk menyambut datangnya bulan suci tersebut.  ” jadi ada baiknya untuk merayakan hari buruh International ini, kita merayakannya dengan berdo’a, agar apa yang diharapkan oleh para buruh dapat dikabulkan oleh Allah”. ujar Kapolres.

Serupa dengan apa yang dikatakan kapolres, Panglima Koordinator Nasional (Pangkornas) Soemarno menyebut bahwa aksi atau tuntutan para buruh perlu ditambah dengan doa, “Aksi yang dilakukan oleh teman-teman  perlu ditambah juga dengan doa. agar usaha kita lebih didengar oleh Allah dan dikabulkan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (SPKEP) Kabupaten Bogor ini.

Dalam kegiatan ini juga Soemarno mewakili pihak buruh membacakan petisi, yang mana Isi dari petisi tersebut terdiri dari lima poin. Di antaranya meminta pemerintah berperan aktif dalam memastikan upah buruh, dan meminta agar Peraturan Presiden (Perpres) 20 tahun 2018 agar dicabut. kemudian noktah petisi tersebut diserahkan oleh perwakilan buruh kepada Bupati Bogor.

Kegiatan istighosah ini selain dihadiri oleh para buruh sekabupaten Bogor, jugadihadiri oleh aparat TNI/POLRI, serta Bupati Bogor Nurhayanti, dan selaku penceramah dalam mengisi kegiatan istighatsah hari ini adalah Ustaz Arifin Ilham.

kegiatan Istighatsah itupun dibanjiri oleh dooprize dan souvenir, yang tentunya dibagikan kepada para buruh yang hadir. Hadiah yang diberikan berupa tiket umrah dan sepeda motor, sedangkan souvenirnya berbentuk sajadah, sarung dan kemeja/kaos koko.

Hera/Red.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish