Ditengah Empang Berdiri Saung Yang Tetap Melestarikan Budaya Sunda

topbogor.com, Cibungbulang – Dipinggir gunung cempala dirja disebuah lembah jurig ditengah empang berdiri sebuah lembaga adat yang diberi nama lembaga tatar sunda dan berdiri sebuah saung meski terkesan sederhana namun disaung ini budaya sunda tetap di lestarikan dan begitu kental melestarikan budaya leluhur.

Banyak properti yang di pajang disaung ini berbau kesundaan antara lain seperti wayang golek, perlengkapan masak jaman dulu dan juga alat alat musik tradisional yang terawat dengan baik dan sering dimainkan melantunkan tembang-tembang sunda seperti kidung sunda bahkan disaung ini pula ada namanya goah (dalam basa sunda) tempat menyimpan beberapa pusaka jaman dulu yang tertata rapi dan juga terurus dengan baik.

Siapa sangka disaung ini banyak para penggiat dan juga pelestari budaya sunda ikut bergabung bahkan menjadi anggota bahkan kini anggotanya mencapai 15ribu lebih.

Ketua umum lembaga tatar sunda diansyah putra atau biasa di sebut abah gumay ‘’Beberapa inspirasi terkadang memang lahir ditempat ini bahkan disaung ini juga menjadi tempat diskusi soal kegiatan kegiatan budayasunda untuk kedepannya”Ucapnya.

Banyak aktivitas-aktivitas kebudayaan tetap lestari disini seperti latihan silat, aksara sunda, musik tradisonal bahkan disaung ini juga tetap melestarikan permainan-permainan jaman dulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish