DLH Kabupaten Bogor Resmikan Bank Sampah BUMDES Gerbang Emas Desa Nanggung

Nanggung, topbogor.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Bogor meresmikan Bank sampah gerakan bangun ekonomi masyarakat (GERBANG EMAS) yang di kelola oleh Badan usaha milik desa (BUMDES) desa Nanggung, kecamatan Nanggung, kabupaten Bogor, kamis (19-11-2020).

Acara dihadiri oleh Kasi DLH kabupaten Bogor, kepala Upt. DLH Leuwiliang, Danramil nanggung, Bhabinsa nanggung, Bhabinmas Nanggung, ketua BUMDES Nanggung, ketua Rt/Rw serta Karang Taruna.

Saat di konfirmasi terkait acara tersebut kepala desa Nanggung, M. Sodik mengatakan,

“Dengan diresmikan nya lahan Bank sampah Bumdes Gerbang Emas hari ini, saya selaku kepala Desa Nanggung mensuport, dan memfasilitasi, tinggal saya mengawal kemandirian Bumdes sampai nanti tercapai target,” kata Sodik kepada topbogor.com.

“Hari ini kita resmikan Bumdes Gerbang Emas di Desa Nanggung, kita akan kawal terkait kemandirian bumdes sampai nanti tercapai target, sejauh mana mereka mensosialisasikan keberadaan dan fungsi dari bumdes ini, karena harus memberikan kesadaran dan perubahan karakter masyarakat demi tercapai nya target,” ujarnya.

Untuk pengelolaan bank sampah ini, selain dikelola Bumdes, kepala desa juga melibatkan Rt, Rw, Karang taruna Desa serta para tokoh masyarakat agar semua bisa merasakan manfaat dari program bank sampah ini.

“Untuk mempermudah sosialisasi kita bikin unit dari mulai tingkat Rt, Karang taruna juga para tokoh masyarakat, makanya kita juga membutuhkan gerobak motor pengangkut sampah agar lebih efisien dan bisa mengangkut sampah untuk bisa di pilah dilokasi ini, dan sementara sampah hasil memilah bisa dijual ke agen agen lokal dulu, tetapi kalau kuota sampah nya banyak dan memang memungkinkan, bisa di jual ke agen tingkat kabupaten,” terangnya.

Sodik juga menambahkan, Kita juga ada harapan dan bertujuan untuk daur ulang dengan ada mesin dan tekhnologinya.

“Kita berharap agar nanti bisa mendaur ulang sampah sendiri, akan tetapi untuk ke hal seperti itu kita butuh mesin dan teknik nya, untuk sementara ini kita lihat dulu sejauh mana tingkat pencapaian nya, karena pihak Desa juga saat ini belum bisa memberikan permodalan, sementara ini modal mandiri dulu dari bumdes,” harapnya.

Saya berharap selain membuat lingkungan bersih, mudah mudah kedepan bumdes ini bisa dijadikan perbandingan atau contoh untuk desa yang lain, sekalipun tidak semudah dengan apa yang di bicarakan, karena harus ada keunikan dan kearifan nya dulu,” Pungkas nya

Ekon / Khadavi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish