Kades Curug Bitung Sosialisasikan Covid 19

Bogor,Topbogor.com-Desa Curugbitung Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor perketat penjagaan dan pengawasan terhadap warga. Hal tersebut sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran pandemi COVID-19 sesuai intruksi Pemerintah Pusat dan Daerah.

“Apapun yang diintruksikan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah, kita akan laksanakan. Meskipun belum secara maksimal,” kata Kepala Desa (Kades) Curug Bitung Engkos Kosasih saat ditemui Top bogor di kantornya, Kamis (09/04/2020).

Engkos juga mengingatkan, agar masyarakat Curugbitung tidak melakukan kegiatan – kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa seperti hajatan.

“Sebenarnya kita juga kasihan, seperti bulan kemarin sedang ramai-ramainya peringatan Isra Mi’raj, itu nyaris semua warga tidak jadi melaksanakan. Karena kita mengikuti aturan yang disampaikan oleh pemerintah. Termasuk imbauan Bupati Bogor,” terangnya.

Selain itu, lanjut Kades, meskipun belum memiliki anggaran, namun antisipasi penyebaran COVID-19 tetap dijalankan. Seperti mengimbau warga untuk selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan air hangat atau sabun.

“Kita sampaikan kepada RT dan RW untuk menjaga dan melakukan pengawasan terhadap masyarakat untuk menghindari adanya kerumunan. Kita juga menugaskan RT dan RW untuk mensosialisasikan secara door to door menanyakan kondisi kesehatan setiap warga,” ucapnya.

Engkos menyatakan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke setiap wilayah Desa Curugbitung, terutama sarana ibadah.

Penyemprotan itu kita lakukan dua hari sekali sesuai dengan anjuran pemerintah. Untuk sementara seperti itu, namun kita tetap upayakan semaksimal mungkin,” ungkapnya.

Kades itu berharap semoga pandemi virus corona ini tidak sampai ke Curugbitung atau wilayah Nanggung. Karena pihaknya memberlakukan dengan ketat ketentuan agar masyarakat tidak keluar rumah.

“Mudah-mudahan warga kami terhindar dari wabah ini. Alhamdulillah pemerintah sekarang sudah legowo memberikan bantuan keuangan dari dana desa untuk antisipasi virus corona. Sudah ada intruksi langsung dari pemerintah, bahwa desa bisa mengalokasikan untuk itu dan kita sedang upayakan sistemnya seperti apa,” pungkas Engkos.

(Rahman)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish