LSM Penjara: Hari Lahir Pancasila Momentum Kebersamaan Lawan Covid 19

Bogor.Topbogor.com. Realitas I Bogor – Bangsa yang besar tidak hanya tahu bagaimana berterima kasih kepada para pahlawannya, tapi juga hal-hal mendasar seperti dasar negara kita adalah Pancasila. Setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Peringatan hari lahir Pancasila yang akan jatuh besok pada Senin (1/6/2020), kita berada dalam suasana serangan wabah virus Corona atau Covid-19.

“Saat lahirnya Pancasila para pahlawan bersama-sama berjuang untuk meraih kemerdekaan, sedangkan sekarang di masa pandemi virus Corona atau Covit-19 ini. Peringatan hari lahir Pancasila, momentum kebersamaan dan gotong royong Munuju INDONESIA MAJU berjuang melanjutkan kemerdekaan dengan melawan Covid-19,” kata Ketua Dpc Bogor Raya LSM PENJARA PN DEDDY SETIAWAN ,Minggu (31/5/2020).

Peringatan hari lahir Pancasila ini, perlu dimaknai juga sebagai lahirnya bangsa Indonesia. Pemaknaan ini penting di tengah pudarnya pemahaman kebangsaan di masyarakat saat ini.

Perlu kita ingatkan kembali tentang kedudukan dan peran Pancasila bagi bangsa Indonesia diantaranya :

a. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia

b. Pancasila sebagai way of life dimana jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia berbeda dengan bangsa lain.

c. Pancasila sebagai dasar negara.
Yaitu merupakan penjelmaan kepribadian bangsa yang hidup dan berkembang sejak jaman dulu. Pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 merupakan landasan yang menjiwai seluruh peraturan perundang undangan dan menjadi dasar dari segala sumber hukum yang berlaku di Indonesia.

d. Pancasila sebagai Ideologi Negara.
“Pancasila dalam interaksi sosial saat ini hampir tidak ada. 20 tahun lalu, anak-anak jika lewat di depan orang tua selalu mengucapkan salam atau permisi. Sekarang sudah hampir tidak terdengar lagi,” ungkap Deddy

Menurutnya, pemerintah mempunyai tanggung jawab besar atas hal ini. Terutama untuk mengenalkan Pancasila sejak warga negara berusia dini.

Oleh karena itu, dia mengajak, semua elemen bangsa untuk membangun negara ini sesuai falsafah Pancasila.

“Saya menghimbau kepada semua elemen bangsa ayo mari kita bangun kembali, bergandengan tangan membangun budaya Indonesia, membangun bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara yang aman tentrem pungkasnya.

Sumber.( Eka Gondrong )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish