Pembangunan Jalan Hotmik 2020 Wangun Jaya Tak Sesuai RAB dan Asal Jadi

Bogor.Topbogor.com. Pembangun Hotmik jalan lingkungan ( jaling) maupun jalan desa yang tidak transparan kepada masyarakat juga tidak seharusnya dibangun dikarenakan Dana Desa (DD) belum keluar dari kementrian Desa akhirnya membuat kegaduhan dikalangan masyarakat. karena ada beberapa warga desa wangun jaya yang pintar atau mengetahui tentang aturan dana desa dan mempertanyakannya malah difitnah seakan akan menghambat pembangunan desa.

Padahal sesuai UU no 6 pasal 68 tahun 2014 tentang dana desa, warga diwajibkan mengetahui, bertanya, mengawasi serta melakukan AUDIT sosial bahkan melaporkan pada pihak hukum apabila ada kecurangan atas pembangunan yang dikucurkan dari dana desa dan sebagai kepala desa tidak seenaknya atau secara serampangan melakukan pembangunan tanpa diketahui atau musyawarah dengan warganya.

Dalam UU no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik kepala desa harus memaparkan papan anggaran pada saat melakukan pembangunan bukan malah menutupi seakan nilai anggaran tidak diketahui warganya, salah satu contoh terjadi desa wangun jaya kecamatan leuwisadeng warganya bertanya tanya atas pembangunan jalan yang terkesan asal jadi bahkan sekarang sudah rusak kembali padahal dananya belum keluar dari pemerintah pusat.

Pemberitaan yang bersayap di kalangan masyarakat mengatakan tidak ada pemberdayaan pada saat pembangunan dan semuanya dari pihak ketiga padahal dalam aturan yang ditetapkan para pekerja harus melibatkan warga setempat agar mengurangi angka pengangguran walaupun bersifat sementara, konfirmasi pada warga wangun jaya mengharapkan agar pihak terkait segera turun untuk menindak lanjuti atas pembangunan jalan didesa wangun jaya yang terkesan serampangan serta asal jadi. kata warga.

( team)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish