Semarak Tahun Baru Islam Dikampung Gobang Rumpin

Bogor, TB – Perayaan Tahun Baru Islam yang ke 1441 Hijriyah, atau 1 Muharram biasa disebut dengan tahun baru Islam, yang awalnya ditandai sebagai peristiwa besar yaitu peristiwa hijrah nya Nabi Muhammad SAW, dari kota Mekkah ke kota Madinah pada tahun 622 Masehi, hal tersebut menjadi sebuah penamaan kalender Islam.

Sebelum zaman Nabi Muhammad SAW, masyarakat Arab tidak menggunakan sistem kalender tahunan untuk memperingati suatu peristiwa, mereka hanya menggunakan sistem hari dan bulan, hal tersebut dapat dibuktikan dengan kelahiran Nabi Muhammad SAW yang lahir pada tahun Gajah, maka 1 Muharram menjadi hari yang paling berharga bagi umat islam di seluruh dunia.

Dalam hal ini, kini masyarakat kampung Gobang Rt 03/01 Desa Gobang Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor, kembali mengingat kan masyarakat luas bahwa tahun baru islam 1 Muharram jatuh pada hari (minggu, 1/9/2019), yang dilakukan dengan cara berkeliling kampung dari satu kampung ke kampung lain sambil bersholawat, tujuan daripada acara tersebut adalah membuktikan bahwa masyarakat Desa Gobang begitu kental terhadap keagamaan nya, Selesai nya pawai obor, acara pun berlanjut dengan pengajian dengan penceramah Ust. Khudratillah Ardabilli S.FIL, selaku tokoh masyarakat setempat.

Diding Hasanudin yang biasa di sapa Bp Adong selaku tokoh masyarakat menyampaikan, Trimakasih saya ucapkan kepada masyarakat Gobang yang sudah antusias memeriahkan acara ini, dan semoga acara ini tidak sampai di tahun ini saja, tapi terus berlanjut ke tahun-tahun yang akan datang, ucap nya.

(Jajag/Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *