Epin, si bocah malang dari leuwisadeng, Tujuh tahun menderita penyakit tbc tulang belakang

 

Leuwisadeng, topbogor.com – Epin (15), anak ke 6 dari pasangan ayib (61) dan asri (60) warga kampung legok manggu, RT 01/08, leuwisadeng, kecamatan leuwisadeng desa kabupaten bogor, sudah tujuh tahun, tuberkulosis tulang belakang (TBC-TB) dikenal juga dengan nama penyakit Pott, yaitu tuberkulosis yang terjadi di luar paru-paru.

Asri, Ibu kandung epin tidak bisa menjadi apa-apa, ia dan suami hanya bisa menangis dan pasrah dengan kondisi kesehatan anak nya yang setiap harinya semakin menghawatirkan.


“Saya sangat sedih ketika melihat epin hanya terbaring lemah dirumah. Kondisi kesehatanya pun dari hari ke hari semakin menghawatirkan. Waktu itu sempat kami bawa ke RSUD leuwi liang untuk dirawat dan dirawat dengan harapan anak kami bisa sembuh, ternyata selama dalam perawatan di RSUD kondisi epin sama sekali tidak ada perubahan, “kata asri kepada topbogor.com, rabu (06/01/2021).

Astri baru mengetahui nama penyakit yang diderita anaknya setelah mendapat hasil diagnosa dokter rumah sakit umum daerah leuwi liang. Epin dinyatakan positif mengidap penyakit tuberkulosis tulang belakang (TBC-TB) dikenal juga dengan nama penyakit Pott, yaitu tuberkulosis yang terjadi di luar paru-paru.

“dokter yang merawat epin mengatakan kepada kami bahwa epin positif menderita penyakit TBC tulang belakang dan harus dipindahkan ke rumah sakit yang lebih bagus untuk melakukan operasi. Mendengar itu kami pun lansung menangis, karna waktu itu kami tidak punya uang untuk membawa epin ke rumah Sakit yang lebih bagus, belum lagi untuk makan minum selama kami di rumah sakit, ditambah kalau ada resep obat yang tidak ditanggung BPJS, uang darimana untuk membayar itu semua, dengan berat hati akhirnya evin kami bawa pulang kerumah, “katanya.

Asri berharap kepada pemerintah kabupaten bogor, khususnya dinas kesehatan, agar dapat membantu pengobatan anak nya yang harus operasi sampai sembuh serta biaya hidup sehari-hari selama anaknya di rawat.

“Kepada ibu bupati bogor yang saya hormati, nama saya asri ibu kandung epin. Saya memohon kepada ibu bupati agar mau membantu anak saya yang sekarang sedang sakit dan harus segera di operasi. Saya sudah tidak tau harus kemana lagi meminta tolong, pasangan saya pekerja Serabutan yang kadang kerja kadang nganggur, jangankan untuk ke rumah sakit untuk makan sehari saja kami masih kekurangan. memang kami punya BPJS, tapi untuk biaya sehari-hari di rumah sakit dan juga untuk membeli obat yang tidak di tanggung BPJS uang nya kami tidak punya , hal itu yang membuat anak saya sampai sekarang tidak bisa di obati ibu bupati. ” Harap asri kepada bupati bogor.

(ALKA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish