Kades kiarasari bersama warga deklarasikan penyelamatan sungai dan pelestarian lingkungan

 

SUKAJAYA, topbogor.com – Antusias Ratusan warga dilingkungan Rw 06 saat bersama-sama dengan kepala desa beserta jajaran, yang didampingi oleh ketua Forum Wisata dan Bhabinsa
mendeklarasikan penyelamatan sungai dan pelestarian lingkungan, sekaligus menaburi benih ikan mas di areal kali cilongok berlokasi dikampung cilongok gunung leutik, desa kiarasari, kecamatan sukajaya, kabupaten bogor, jumat (18/12/2020).

Kades kiarasari Ahyar suryadi kepada topbogor.com mengatakan, bahwa pentingnya menjaga kelestarian alam dan lingkungan agar memiliki nilai manfaat.

“Alhamdulilah hari ini saya bersama warga di lingkungan RW 06 dusun 03 berkomitmen dan menandatangani
kesepakatan bersama di kain putih ukuran 1×2 meter.saya menegaskan kepada warga untuk selalu menjaga serta merawat kelestarian sungai, alam dan lingkungan, Agar sungai, alam dan lingkungan kita lestari serta memiliki nilai manfaat,” kata kades membuka pembicaraan.

Jaro ahyar biasa disapa menjelaskan, Ada 5 poin yang menjadi kesepakatan dalam acara tersebut dan harus di taati oleh seluruh warga desa kiarasari.

“Hasil dari musyawarah bersama warga maka ada 5 poin penting yang harus di taati oleh seluruh warga desa kiarasari.
1. Dilarang membuang sampah & limbah ke sungai. 2. Dilarang memancing pada area yang dimanfaatkan pengelolaan ikan. 3. Dilarang mengambil batu & pasir disekitar jembatan kecuali radius 50 meter baik ke hulu maupun ke hilir.4. Dilarang menangkap ikan dgn strum.racun DLL. 5. Siapapun yang dengan sengaja atau tidak sengaja akibat kelalaian melanggar poin-poin tersebut di atas, maka akan di kenakan sangsi sesuai dengan per undang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Kegiatan tersebut kedepanya akan menjadi program yang berkelanjutan.

“kegiatan atau program ini bukan cuma di sini saja, tapi akan di lakukan di beberapa kali dan sungai yang ada di wilayah desa kiarasari, sehingga kedepannya sungai dan alam yang ada disini terjaga kelestarianya.” pungkasnya.

(RHM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish