Napi Lapas Manado Mengamuk Satu Gedung Terbakar

Kabar Daerah

Buserbhayangkara.com Manado – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Manado, Sulut terbakar, Sabtu (11/4/20) sore ini. Kebakaran terjadi pada gedung yang diduga terbakar karena dipicu adanya bentrok kerusuhan di dalam Lapas.

Informasi yang diterima, sekira pukul 16.00 WITA ratusan narapidana di lapas tersebut mengamuk dan membakar warung kopi (warkop) yang menjadi tempat dagangan dalam lapas.
Sebelum bangunan dibakar, mereka juga melempari kaca-kaca bangunan. Kemudian sejumlah barang makan-minum dibawa keluar bangunan tersebut.
Belum diketahui pasti pemicu kerusuhan tersebut. Namun menurut informasi, para narapidana kecewa lantaran ada orang tua warga binaan yang meninggal tapi tidak mendapat izin keluar.
Masalah lainnya menurut informasi, ada narapidana yang mendapat informasi adanya petugas yang disinyalir ODP (Orang Dalam Pengawasan).
Mengetahui hal tersebut, kemudian mereka menuntut pemeriksaan massal mengenai kesehatan yang terkait dengan virus Corona, tapi tidak mendapat jawaban dari institusi terkait.

Hingga berita ini diturunkan, pimpinan Lapas Manado belum secara resmi memberikan keterangan peristiwa yang terjadi di lapas tersebut. Bert/BN02 – MANADO